Tuesday, December 26

journey back home

Udah dari hari Jumat (22/12) yang lalu gw balik ke Jakarta (boleh kan nyebut Jakarta? walopun rumah gw mepet-mepet ma Bekasi seh). Jadi sebelumnya memang udah direncanain dengan kebulatan tekad yang sebulat-bulatnya bahwa hari Jumat kemaren gw harus pulang, apa pun yang terjadi. Titik. Dan kebanyakan dari tekad itu disebabkan oleh tingginya tingkat kejenuhan dalam diri gw yang diakibatkan oleh STT. Jangan tanya kenapa.

Dan berangkatlah gw hari itu, dari kosan jam 7 sore (sore apa malem yah?), dengan diiringi oleh hujan yang lumayan deres malem itu, sampe-sampe gang PGA (for those who don’t know, it’s my recent resident) hampir berubah jadi rawa berlumpur (sepertinya ini pleonasme.. rawa tuh udah pasti berlumpur apa ngga sih? gw ngga tau), becek abess.. Keadaan sekitar udah gelap banget. Malem gitu loh. Gw berangkat sendiri? Ngga kok. Gw blom secanggih itu sampe berani balik ke Jakarta sendirian, malem-malem, naek bus. Sebenernya bukan takut, males aja. Nanti kapan-kapan dicoba deh.

Jadi gw brangkat bareng temen kosan yang kamarnya tepat di kanan kamar gw. Gw kaget bukan kepalang, perjalanan menuju terminal Leuwipanjang yang biasanya terasa kaya Leuwipanjang-Bekasi itu sendiri --secara biasanya gw berangkat sendiri dan itu garing abis--, terasa jadi sebentar banget! Thanks Amel,, yang udah menjadi teman ngobrol dan ngerumpi gw buat membunuh waktu di angkot. Beneran deh, cobain aja sendiri, naik angkot dari STT Telkom ke Leuwipanjang sendirian, lo akan merasa udah ngelewatin beberapa ulang tahun lo di angkot (makanya lain kali, bawa kue ulang tahun, biar bisa ngerayain bareng penumpang angkot yang lain).

Tapi sebenernya ngga heran kalo perjalanan dari STT Telkom ke MANAPUN tempat di Bandung bakal memakan banyak waktu hidup lo. Secara........ah, asumsi gw, ngga usah dijelasin juga rata-rata orang pada ngerti kok.
Kasi contoh deh...
STT Telkom- Leuwipanjang: 3 kali angkot
STT Telkom- St.Hall: 3 kali angkot
STT Telkom- BIP: 3 kali angkot
STT Telkom- kosan temen gw, anak ITB: 3 kali angkot
kenapa yang gw sebutin 3 kali semua yah? Hihi.. Yah, intinya mah, 3 kali naik angkot itu menunjukkan bahwa lo harus menempuh perjalanan yang lumayan jauh dan MENYEBALKAN karena harus naik-turun ganti-ganti angkot. Ngga enaknya di Bandung itu dia, rute angkot pendek-pendek banget, ngga kaya di Jakarta, trayek angkot Jakarta mungkin bisa 1,5 atau 2 kali trayek di Bandung, jadi ganti-ganti mulu. Kecuali kalo punya kendaraan sendiri, lain cerita itu mah. Atau naik taksi? Hmm,, boleh sewaktu-waktu, tapi inget aja, itu sama aja ngabisin jatah makan gw lima kali di warung-warung terdekat kosan. Sayang juga kan..

Nyampe terminal Leuwipanjang sekitar jam 8 kurang 15 menit. Trus kami milih bus Primajasa yang tarifnya 30ribu. Dan ternyata jackpot..! bus yang kami dapet ngga kaya bus 30ribu biasa, ternyata ada TV sama toiletnya. Tapi ngga guna juga sih, secara TVnya cuma dipake buat nayangin sinetron-apaaan-tau, dan gw juga ngga punya hasrat buat buang urin atau feses jadi toilet juga ngga berguna.

Sempet kepikir macem-macem tentang bus Primajasa yang gw tumpangin malem itu. Keinget kejadian yang baru aja terjadi, beberapa hari menjelang Idul Fitri yang lalu di berita ada kabar tentang bus Primajasa Bandung-Bekasi yang kecelakaan, ditabrak truk, dan makan korban yang lumayan banyak (ngga tau tepatnya berapa). Dan naasnya di antara para penumpang itu ada bokapnya temennya Amel yang merupakan anak STT juga. What a chance, what a life. Dan bokapnya itu meninggal. Innalilahi.. Gila, Primajasa Bandung-Bekasi yang jadi langganan gw, pengubung gw dengan kosan dan rumah selama ini, kecelakaan… (biasa aja sih, namanya juga hidup). Tapi kalo pas lagi bus itu memuat gw gimana yah.. I’m not ready.

Sampe di terminal bekasi ngga tau udah jam brapa. Untung bokap udah nungguin, berangkatlah ke rumah. Sampe rumah jam 11. Wah, house,, long time no see yah... Masih begini-begini aja. Tapi alhamdulillah deh udah sampe. I’m home!!

2 comments:

uzi said...

Kecelakaan bus yah? Serem juga sih.. gw dulu waktu sering pulang balik bandung cirebon suka keringet dingin naik bus Bhinneka.

Gw turut berduka cita deh

(atas lokasimu yang jauh dari mana-mana itu)

Indri 'Ndie' Yunita said...

bus Bhinneka yah? sering liat.
pulang balik bandung cirebon? ade ape?

tx atas simpatinya.
jadi terharu...

sebenernya ada sih tempat umum yang deket ma STT, yaitu PASAR DAYEUHKOLOT.